Presiden Tanzania Kembalikan Menteri Yang Dipecat Pendahulunya, Tunjuk Perempuan Jadi Menhan

SERAMBINEWS.COM, DODOMA – Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan menunjuk seorang politisi yang diberhentikan alasannya merupakan mengkritik pendahulunya.

Dia diangkat selaku Menteri Energi dalam perombakan kabinet yang juga meliputi pencalonan Menteri Pertahanan perempuan pertama negara itu.

Mantan Wakil Menteri Lingkungan, Januari Makamba dipecat dari pemerintah pada 2019.

Dia dipaksa meminta maaf terhadap presiden di saat itu John Magufuli yang meninggal secara tiba-tiba pada Maret 2021.

Dalam perombakan yang diumumkan Senin (13/9/2021) malam, Hassan yang melanggar beberapa kebijakan pendahulunya, menyambut lelaki berusia 47 tahun itu kembali ke pemerintahan.

Dia diposisikan selaku penanggung jawab kementerian energi yang penting secara strategis.

Magufuli menuduh Makamba mengkritiknya selama percakapan telepon dengan anggota lain dari partai berkuasa Chama Cha Mapinduzi (CCM).

Dia mengancam akan mengeluarkannya kecuali meminta maaf.

Magufuli, yang dijuluki “buldoser” alasannya merupakan gaya otoriternya, tidak merahasiakan fakta dirinya menguping percakapan telepon anggota pemerintahannya.

Makamba, yang ayahnya merupakan mantan sekretaris jenderal CCM, sudah menantang Magufuli untuk pencalonan presiden partai tahun 2015 dan kalah.

Perombakan, yang juga menyaksikan Pajak Stergomena ditunjuk selaku Menteri Pertahanan, perempuan pertama yang memegang posisi itu.

Sang presiden berupaya menawan garis di bawah kebijakan skeptis Covid-19 dari pendahulunya dengan meluncurkan vaksinasi pertama Tanzania pada Juli 2021.

Meskipun beberapa berharap Hassan akan menjinjing abad gres keleluasaan politik setelah kekuasaan Magufuli yang kian otokratis.

Seusai penangkapan pemimpin oposisi Freeman Mbowe sudah memunculkan kegundahan akan masa depan demokrasi di negara Afrika Timur itu.

Mbowe ditangkap pada Juli 2021 dan diadili atas tuduhan terorisme.

Digambarkan oleh partainya di Chadema selaku upaya bermotivasi politik untuk merusak perbedaan pendapat.

Kementerian Energi di sekarang ini memantau pembangunan proyek bendungan pembangkit listrik tenaga air yang kontroversial di Selous Game Reserve.

Secara strategis vital bagi Tanzania, yang memiliki cadangan gas alam yang melimpah.(*)

Exit mobile version