Puskesamas di Kabupaten Bojonegoro, Sudah Siapkan Skema Vaksinasi Covid-19

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Puskesmas di Kabupaten Bojonegoro mulai mempersiapkan skema vaksinasi covid-19 yang rencananya akan dilakukan di bulan Februari mendatang.

Kepala Puskesmas Wisma Indah di Jalan Pattimura, Bojonegoro, dr. Fifin Erliana, mengatakan bahwa Kabupaten Bojonegoro mendapat jatah sebanyak 8.786 vaksin, dimana untuk gelombang pertama diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

Dalam pelaksanaanya ada beberapa alur pelayanan vaksinasi covid-19. Diantaranya alur kedatangan dengan mewajibkan calon penerima vaksin untuk mematuhi protokol kesehatan (mencuci tangan, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak).

“Di tahap Kedua, yaitu meja pertama terkait pengisian pendaftaran calon penerima vaksin hingga croscek data berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK),” kata Kepala Puskesmas Wisma Idah Bojonegoro dr Fifin Erliana, Senin (25/1/2021).

Di tahapan ketiga berupa screening untuk memastikan tidak ada kontra indikasi alias baik riwayat penyakit penyerta maupun sembuh dari Covid-19. Tahap selanjutnya proses penyuntikan vaksinasi kepada calon penerima.

“Ada beberapa alur pelayanan proses vaksinasi, diantaranya menerapkan protokol kesehatan (prokes) hingga proses screening dan penyuntikan,” ucap Kepala Puskesmas Wisma Indah itu.

Pihaknya juga berharap, dengan adanya vaksinasi ini diharapkan mampu menekan penyebaran virus covid-19 di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini. Baik bagi nakes secara pribadi maupun masyarakat umum.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read