Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra, Punya Kamera Gres Dan Ai, Segini Harganya

moch akbar fitrianto

Bagikan

Spesifikasi Samsung Galaxy S24 Ultra, Punya Kamera Baru dan AI, Segini Harganya

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA – Jajaran ponsel Galaxy S24 Series dari Samsung sudah resmi meluncur. 

Seperti biasa, terdapat versi dalam lini ponsel cerdas flagship tersebut, yaitu Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Dari ketiganya, Galaxy S24 Ultra mengusung kenaikan paling signifikan.

Perangkat yang menduduki urutan teratas dalam hierarki ponsel Samsung ini bukan cuma mengusung desain yang berbeda, tetapi juga dibekali kamera gres dan fitur-fitur AI.

Layar jadi flat, lebih tenteram untuk S Pen
 

Salah satu pergantian paling kentara di segi desain Galaxy S24 Ultra merupakan layarnya yang sekarang menjadi flat, alih-alih melengkung alias curved di segi kanan dan kiri seperti flagship sebelumnya, Galaxy S23 Ultra. 

Menurut MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, layar flat tersebut dimaksudkan biar pengguna bisa lebih tenteram memakai stylus S-Pen di Galaxy S24 Ultra.

“Selain itu, karena flat, tampilan layar secara keseluruhan juga jadi terlihat lebih lega,” ujar Verry ketika ditemui KompasTekno di sela program Samsung Galaxy Unpacked di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Galaxy S24 Ultra memang turut tiba dengan S Pen yang disimpan di dalam kompartemen khusus di segi bawah.

 Pena stylus ini digunakan untuk menulis dan menggambar di layar sekaligus melaksanakan aneka macam fungsi secara wireless, tergolong menjepret foto.

Layar Galaxy S24 Ultra sendiri masih memakai panel Dynamic AMOLED 2X (QHD) dengan refresh rate adaptif 1-120 Hz, tetapi tingkat kecerahan maksimalnya sekarang meningkat jadi 2.600 nits. 

Samsung juga melapisinya dengan beling pelindung baru, Corning Gorilla Armor.

Rangka titanium diklaim paling tangguh
 

Perubahan lain tidak terlampau kasat mata, tetapi juga tak kalah penting, yaitu rangka gres dengan material logam titanum yang diklaim tahan karat dan berdaya tahan tinggi. 

Galaxy S24 Ultra pun disebut selaku ponsel paling handal yang pernah dibentuk Samsung. 

Material frame baru tersebut turut memberi pemikiran varian-varian warna Galaxy S24 Ultra yang seluruhnya bernuansa titanium, yaitu Titanium Black, Titanium Grey, Titanium Violet, dan Titanium Yellow.

Desain selebihnya dari Galaxy S24 Ultra bisa dikatakan masih menyerupai dengan Galaxy S23 Ultra pendahulunya, dengan sudut-sudut yang tegas sehingga terkesan boxy dan rangkaian lensa kamera belakang yang tertanam eksklusif di bodi.

Meskipun layarnya kini flat, Galaxy S24 Ultra yang berbobot sekitar 230 gram ternyata masih terasa cukup tenteram ketika digenggam berkat bentuk frame-nya yang agak membulat.

Kamera telephoto baru, siap konser

Seperti Galaxy S23 Ultra, Galaxy S24 Ultra memiliki rangkaian 4 kamera belakang yang meliputi rentang bidang pandang luas mulai dari ultra wide sampai telephoto.

Bedanya terletak di kamera telephoto kedua yang sekarang tak lagi memiliki jangkauan zoom optis 10x, melainkan cuma setengahnya alias 5x.

Meski demikian, resolusi kamera telephoto gres yang juga memiliki lensa dengan konstruksi periskop ini meningkat jauh, dari sebelumnya 10 MP menjadi 50 MP.

Galaxy S24 Ultra pun masih sanggup menciptakan “zoom optis 10x” dari hasil cropping sensor kamera telephoto kedua yang beresolusi tinggi tersebut.

 
Ketika dijajal oleh KompasTekno, Galaxy S24 Ultra ternnyata memang bisa menciptakan tangkapan gambar jernih dan tajam di tingkat zoom 5x dan 10x memakai kamera telephoto yang baru.

Keuntungan lain dari kamera telephoto 50 MP 5x tersebut merupakan bukaannya (aperture) yang lebih lebar, yaitu f/3.4, sehingga lebih bisa dipercaya pula di kondisi cahaya minim dibanding kamera telephoto 10x Galaxy S23 ultra yang aperture-nya f/4.9.

Bukan tidak mungkin kamera elephoto Galaxy S24 Ultra nantinya bisa terbukti lebih mumpuni untuk stage photography seperti mengambil gambar di konser musik.

Kamera yang lain masih identik dengan sebelumnya, meliputi kamera utama 200 MP (f/1.7, OIS), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera telephoto 10x (f/2.4, OIS, 3x optical zoom), dan kamera depan 12 MP (f/2.2) yang bertengger di punch hole di atas layar.

Galaxy AI, bisa terjemahkan bunyi dan edit foto
 

Sajian utama yang lain yang diketengahkan Galaxy S24 Ultra merupakan Galaxy AI berupa serangkaian fitur berbasis kecerdasan bikinan yang dapat digunakan untuk aneka macam macam hal. 

Secara keseluruhan terdapat tujuh klasifikasi fitur AI yang dapat dilihat di hidangan Settings > Advanced Settings > Advanced Intelligence. 

Sebagian besar terkait dengan bahasa dan penulisan, tetapi ada juga generative AI untuk editing foto.

Galaxy AI, misalnya, bisa menerjemahkan bahasa dalam panggilan telepon, baik dari segi pengguna yang menciptakan panggilan maupun penerima. 

Ponsel ini juga bisa menolong menciptakan transkrip dari rekaman audio dan merangkum catatan.

Untuk fungsi-fungsi terkait bahasa, ketika ini Galaxy AI gres “menguasai” 13 bahasa, belum tergolong Bahasa Indonesia yang rencananya gres akan disertakan pada kuartal kedua 2024.

Kemampuan AI yang lain yang juga menawan merupakan Generative Edit, di mana pengguna bisa menegaskan obyek-obyek dalam suatu gambar, kemudian memindahkannya sesuka hati.

Kekosongan di lokasi obyek semula kemudian akan diisi oleh AI generatif sehingga membaur dengan kondisi disekelilingnya. 

Generative AI juga bisa digunakan untuk memperbesar gambar dengan cara memperbesar lebar area di pinggiran frame.

Lalu, ada CIrcle to Search di mana pengguna bisa melingkari obyek yang tampil di layar -termasuk di dalam aplikasi kamera- biar bisa dipahami secara otomatis oleh ponsel dan ditelusuri informasinya melalui Google Search.

Selain Galaxy S24 Ultra, fitur-fitur kecerdasan bikinan di Galaxy AI juga tersedia di ponsel Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus.

Harga Samsung Galaxy S24 Series di Indonesia

Samsung mulai menjual Galaxy S24 Series di Indonesia melalui sesi pre-order yang berjalan mulai 18 Januari sampai 6 Februari 2024.

Daftar harga untuk Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra merupakan selaku berikut.

Harga Samsung Galaxy S24

1. 8 GB/256 GB: Rp 13.999.000

2. 8 GB/512 GB: Rp 15.999.000

Harga Samsung Galaxy S24 Plus

1. 12 GB/256 GB: Rp 16.999.000

2. 12 GB/512 GB: Rp 18.999.000

Harga Samsung Galaxy S24 Ultra

1. 12 GB/256 GB: Rp 21.999.000

2. 12 GB/512 GB: Rp 23.999.000

3. 12 GB/1TB: Rp 27.999.000

 

Kompas.com: Menjajal Samsung Galaxy S24 Ultra, Punya Kamera Baru dan AI
 

Bagikan

Also Read