Taman Gajah Bolong Merupakan Ruang Terbuka Hijau di Wilayah Kecamatan Baureno, Diresmikan Bupati Bojonegoro

34

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Hadirnya Taman Gajah Bolong yang berada di Jalur Bojonegoro – Babat, tepatnya di Raya Baureno, berada di wilayah Desa Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, membuat wajah Kabupaten Bojonegoro, di wilayah timur semakin indah dan asri.

Pembangunan Taman Gajah Bolong oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, yang berada di depan Kantor Kecamatan Baureno, atau yang biasa disebut Telon Gajah Bolong itu, diilhami oleh sejarah berdirinya bangunan tua ornamen Belanda dengan patung Gajah di depannya.

Disebut Gajah Bolong, karena bokongnya patung gajah itu bolong. Saat direhab dan ditambal kemudian di tulis Gajah buntu, masyarakat tetap saja menyebutnya dengan Pertigaan Gajah Bolong. Sehingga, Patung Gajah Bolong milik Sudjono (almarhum) itu, menjadi nama yang diabadikan sebagai Taman Gajah Bolong itu.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, berkenan meresmikan Taman Gajah Bolong, Jum’at (22/1/2021), yang berada di lahan seluas 400 meter persegi itu, dengan nuansa taman yang mempesona.

Diharapkan, hadirnya Taman Gajah Bolong ini akan menjadi icon baru dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat wilayah timur Kabupaten Bojonegoro itu.

Taman Gajah Bolong Merupakan Ruang Terbuka Hijau di Wilayah Kecamatan Baureno, Diresmikan Bupati Bojonegoro 1
Tampak, Taman Gajah Bolong, yang berada di Jalan Raya Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang telah diresmikan oleh Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, Jum’at (22/1/2021).

“Didirikannya Taman Gajah Bolong bertujuan untuk pemanfaatan ruang-ruang yang kurang maksimal untuk memperindah dan mempercantik Kabupaten Bojonegoro tercinta ini,” ungkap Bupati Perempuan Pertama di Bumi Angling Dharma itu.

Lanjut Hj Anna Mu’awanah, Taman Gajah Bolong merupakan bentuk penilaian masyarakat untuk memberikan rasa ceria yang merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) termasuk sebagai produksi oksigen yang ada di wilayah Kecamatan Baureno dan sekitarnya itu.

Masih menurut Bu Anna, pihaknya meminta agar setiap taman juga ditanami pohon-pohon besar yang bisa memproduksi oksigen dan akan menyerap polusi, sehingga membuat masyarakat semakin sehat. Dengan mebuat taman dan pohon maka tanah yang lahanya kosong bisa dimanfaatkan dengan baik.

Perlu diketahui, hadirnya taman Gajah Bolong akan memberikan pemandangan yang sangat indah bagi warga yang sedang melintas di Jalur Bojonegoro-Babat, tepatnya Jalan Raya Baureno di utara Pertigaan Gajah Bolong itu.

Pesona indah nan cantik Taman Gajah Bolong, dengan aneka bunga warna-warni tumbuh di antara rerumputan serta bunga-bunga yang bergelantungan di lorong taman vertical semakin memperindah dan membuat asri suasana taman tersebut.

Fasilitasnya pendukung di Taman Gajah Bolong cukup lengkap. Ada kran air tempat cuci tangan di setiap sudut sehingga tetap mentaati protokol kesehatan, ada wahana bermain anak-anak, toilet serta mushola.

Lampu Taman yang terang dan menyala kelap-kelip membuat semakin indahnya Taman Gajah Bolong Di Malam hari. Hal itu sangat cocok bagi kaum milenial yang hendak berfoto selfi untuk diunggah di media sosial (medsos).

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More