Akibat Luapan Sungai Kaligawe Desa Semanding, Bojonegoro Kota, Membuat 6 Rumah Longsor

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYTNESIA.COM) – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, beberapa hari ini, membuat beberapa wilayah mengalami banjir.

Akibat hujan tersebut, membuat sungai meluap hingga mengakibatkan tanah longsor,. Hal itu, seperti adanya 6 (enam) rumah yang longsor, yang berada di Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (21/1/2021) sekira pukul 18:00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Nadhif Ulfia melalui Kasi Kesiapsiagaan bencana Eko Susanto membenarkan, jika terjadi tanah longsor yang mengakibatkan 6 rumah terancam ambruk.

“Tanah longsor disebabkan adanya hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan longsor di bantaran sungai Kaligawe, Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro,” demikian dikatakan Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Bojonegoro, Jum’at (22/1/2021).

Baca Juga  Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ 2023

Lanjut Pak Eko – demikian, Kasi Kesiapsiagaan Bencana, Eko Susanto, akrab disapa – untuk warga terdampak akan diungsikan di Balai Desa Semanding, karena dikawatirkan terjadi longsor susulan.

“Hari ini, Jumat tanggal 22 Januari 2021, BPBD Bojonegoro, telah melaksanakan giat assesmnet Bencana tanah Longsor di wilayah Kabupaten Bojonegoro,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihak BPBD melakukan upaya Penanganan dengan mendatangi lokasi untuk melakukan assessment dan pendataan. Selain itu, juga memberi himbauan kepada masyarakat agar tetap berhati – hati jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, karena bisa terjadi longsor susulan.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pasar Murah. Ini Jadwalnya..!!

“Dalam kesempatan ini, BPBD Bojonegoro memberikan bantuan sembako kepada terdampak longsor,” kata Pak Eko menegaskan.

Adapun Enam Rumah longsor itu berada di Lingkunga RT 006, RW 001, Desa Semanding, yakni,

  1. Rumah milik Suwardi (47),  Jarak longsoran dengan rumah 1 meter, Kedalaman 3 meter,  Panjang 12 meter,   Lebar 3 meter
  2. Rumah milik Rukayah (70), Jarak longsoran dengan rumah 1 meter, Kedalaman 2 meter, Panjang 6 meter dan Lebar 4 meter
  3. Rumah milik Muslimin (43) dan Sujono (49), Jarak longsoran dengan rumah 4 meter, Kedalaman 4 – 5 meter, Panjang 24 meter dan Lebar 4 meter
  4. Rumah milik Edi Suwarno (52), Jarak longsoran dengan rumah 3 meter, Kedalaman 2 meter, Panjang 10 meter dan Lebar 6 meter
  5. Rumah milik Samini, Jarak longsoran dengan rumah 8,30 meter, Kedalaman 2 meter,   Panjang 6 meter dan Lebar 5 meter.
Baca Juga  Kapolres Bojonegoro Anjangsana ke kediaman Almahum Peltu (Purn) Kislan Abdul Rozak, di Sumbertlaseh, Dander

**(Kis/Red).

Bagikan

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Post