HomeMata Lokal Memilih

Debat Cawapres Bakal Panas? Kubu Amin Siap Serang Gibran Soal Adab & Food Estate, Bagaimana Mahfud?

Debat Cawapres Bakal Panas? Kubu AMIN Siap Serang Gibran Soal Etika & Food Estate, Bagaimana Mahfud?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Debat keempat Pilpres 2024 untuk Cawapres diprediksi bakal berjalan seru.

Masing-masing kandidat sudah merencanakan “peluru” mereka dalam debat nanti.

Debat Cawapres ini sendiri akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024).

Adapun tema yang diusung terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, penduduk budbahasa dan desa.

Kubu 01 bakal pertanyakan keabsahan Gibran

Kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan tetap konsisten mempertanyakan keabsahan Gibran Rakabuming Raka dalam kontestasi Pilpres 2024.

Kubu AMIN (Anies-Muhaimin) akan kembali mengungkit kendala tersebut dalam debat cawapres pada 21 Januari mendatang.

Kubu Anies-Cak Imin tetap menatap pelanggaran etik sikap hakim yang memuluskan pencalonan wakil presiden nomor urut 2 itu mencederai demokrasi.

Juru bicara Tim Nasional Anies-Muhaimin, Billy David pencalonan Gibran selaku cawapres mesti terus dipersoalkan alasannya terkait dengan adanya pelanggaran etik hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

“Itu (persoalan etik) menjadi pesan utama dalam debat sejak pertama hingga debat terakhir akan kami suarakan alasannya itu permulaan mula dari segala proses yang tidak benar,” Billy di saat dijumpai di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (17/1/2024).

Billy mengatakan, pencalonan anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah mengangkangi demokrasi dan konstitusi.

Sebab itulah, kata Billy, kendala terkait etika kandidat pemimpin masa depan ini akan terus disuarakan.

“Di debat yang hendak kita kaitkan dengan pertanyaan-pertanyaan, ingat debat ketiga kemarin Pak Anies mengaitkan selaku Menhan untuk menyaksikan itu, debat keempat juga akan dikaitkan sama itu,” tandasnya.

Pada potensi yang serupa Billy menyebut kegagalan proyek ketahanan pangan food estate atau lumbung pangan akan disinggung kembali.

Billy juga menyebut bahwa cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sudah merencanakan diri lebih baik lagi untuk debat keduanya tersebut.

“Cak Imin akan lebih siap dan mungkin pembahasan-pembahasan yang tertunda menyerupai food estate masih ada hubungannya dengan informasi lingkungan yang sungguh teknokratis ya,” ujarnya.

Billy mengatakan, informasi kegagalan food estate itu akan menjadi senjata andalan Cak Imin dalam debat yang mengusung tema lingkungan hidup tersebut.

“Menurut saya itu akan jadi senjata andalan juga,” ujarnya.

Gibran Aktif berdiskusi

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka terus menerus menampilkan respons singkat ihwal persiapannya perihal debat keempat cawapres.

Saat dijumpai di saat sedang blusukan di kawasan Warakas, Jakarta Utara, Selasa (16/1/2024), Gibran mengaku sudah siap debat.

“Sudah, sudah, sudah disiapkan,” ujar Gibran.

Kata ‘sudah’ ihwal antisipasi debat juga dilontarkan Gibran pada Minggu (14/1/2024).

Saat itu Gibran gres saja menghadiri turnamen Mobile Legends di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

“Sudah,” demikian pernyataan Gibran soal antisipasi debatnya.

Meski demikian, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, memutuskan bahwa Gibran siap menghadapi debat keempat pilpres.

Ia mengungkapkan, Gibran banyak mempelajari tema debat eksklusif dari penduduk di saat melakukan kampanye.

“Jadi kan menuntut ilmu itu atau mengerti tidak hanya dengan membaca buku. Tapi dengan berjumpa langsung, mendengar eksklusif ternyata itu menjadi bahan, menjadi masukan Mas Gibran,” tutur Rosan di Gama Tower, Kuningan, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Ia pun menyatakan, Gibran juga aktif berdiskusi dengan banyak sekali figur di TKN untuk menghadapi debat ke depan.

Namun, Rosan tak menyodorkan secara niscaya siapa pun figur yang melakukan mentoring terhadap putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Mahfud Tak Ada Persiapan Khusus

Cawapres nomor urut 2, Mahfud MD juga tidak menghasilkan antisipasi khusus untuk mengikuti debat Cawapres kedua nanti.

Merujuk dari tema debat Cawapres nanti, Mahfud mengaku sudah memperoleh citra pertanyaan dan arah diskusi yang hendak muncul.

Ia juga sudah punya respon atas citra pertanyaan dan arah diskusi yang hendak muncul.

“Ndak usah pakai strategi-strategi. Kaya diskusi yang kemarin enggak pakai antisipasi ditanya apa juga saya jawab,” ujar Mahfud usai menghadiri konferensi di Medan, Sumatera Utara, Senin (15/1/2024).