Wagub Jatim minta Pemda optimalisasi belanja untuk gerakkan perekonomian, KabarJatim

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kabar Terbaru Tentang Wagub Jatim minta Pemda optimalisasi belanja untuk gerakkan perekonomian Yang Kami kutip dari berbagai sumber, Artikel ini telah mendapatkan editing dari tim kami Rakyatnesia. Semoga Berita Tentang Wagub Jatim minta Pemda optimalisasi belanja untuk gerakkan perekonomian bisa memberikan anda wawasan lebih luas.

Malang (Rakyatnesia) – Pemerintah daerah khususnya yang ada di wilayah Jawa Timur diminta untuk mengoptimalisasi belanja pemerintah dalam upaya menggerakkan perekonomian setempat yang pada akhirnya berdampak pada perekonomian nasional.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak di Kota Malang, Jawa Timur, seusai melakukan pertemuan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengatakan bahwa salah satu pesan yang disampaikan adalah terkait belanja pemerintah yang diharapkan mampu menjadi pengungkit untuk mendorong perekonomian.

Baca Juga  Kecamatan Paling Sepi Di Lamongan, Ada Di Bluluk dan Sukorame

“Bagaimana belanja pemerintah menjadi instrumen untuk bisa menggerakkan perekonomian,” kata Emil.

Emil menjelaskan, kurang lebih sebesar lima persen perekonomian Jawa Timur digerakkan oleh belanja pemerintah. Oleh karena itu, belanja pemerintah diharapkan bisa menjadi salah satu pendorong berputarnya perekonomian wilayah tersebut.

“Kurang lebih lima persen perekonomian Jawa Timur digerakkan belanja pemerintah. Lima persen ini harus bisa menjadi pengungkit yang efektif,” katanya.

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan tersebut, lanjutnya, Sri Mulyani juga menyampaikan penguatan empat pesan dari Presiden Joko Widodo terkait penggunaan anggaran untuk menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi.

Sejumlah tantangan tersebut, Rakyatnesia lain adalah permasalahan kemiskinan ekstrem, stunting, inflasi dan mendorong investasi. Hal tersebut perlu diberikan penguatan karena pada 2023, masih ada dampak dari perekonomian global.

Baca Juga  Cara Daftar UTBK 2024: Panduan Lengkap untuk Gap Year

“Bagaimana anggaran ini harus bisa menjawab empat permasalahan, di antaranya termasuk masalah kemiskinan ekstrem, stunting, inflasi, dan mendorong investasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Emil bersama sejumlah kepala daerah di wilayah Malang Raya juga mendampingi Sri Mulyani untuk melihat produksi sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah tersebut.

“Bu Menteri Keuangan juga mengunjungi satu per satu UMKM yang bergerak di bidang ekonomi kreatif, seperti batik, kuliner, kriya dan lainnya. UMKM ini perlu dukungan untuk berkembang,” katanya.

Realisasi pendapatan dan belanja tahun anggaran 2022 Provinsi Jawa Timur mencapai 107,47 persen atau setara dengan Rp31,77 triliun, yang melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp29,56 triliun.

Baca Juga  Yuhronur Efendi, Bupati Lamongan Ungkapkan Tak Mau Lagi Lihat Anak PUtus Sekolah Karena Biaya

Sementara itu realisasi belanja daerah, setelah rekonsiliasi tercatat sebesar Rp31,59 triliun atau sebesar 94,02 persen dari target Rp33,60 triliun.

Postur APBD Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2023, untuk pendapatan daerah diproyeksikan mencapai Rp29,48 triliun, dan belanja daerah sebesar Rp31,12 triliun, serta pembiayaan daerah sebesar Rp1,27 triliun.



Jangan lupa untuk membagikan artikel Wagub Jatim minta Pemda optimalisasi belanja untuk gerakkan perekonomian di jejaring sosial milik anda, agar kawan, saudara dan keluarga tidak ketinggal berita tersebut. (dikutip dari :: jatim.antaranews.com)

Bagikan

Also Read