Piala AFF: Fachruddin optimistis timnas Indonesia juara Updated

Nurul Syahadatin

Bagikan

Jakarta (Rakyatnesia) – Kapten sekaligus bek tengah tim nasional Indonesia Fachruddin Aryanto optimistis skuadnya mampu menjuarai Piala AFF 2022, melihat komposisi pemain yang ada saat ini.

“Sekarang ada tambahan pemain naturalisasi dan banyak yang berpengalaman di laga-laga internasional,” ujar Fachruddin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.

Fachruddin, yang sudah berkompetisi di Piala AFF sejak tahun 2012, juga menilai skuad timnas Indonesia saat ini lebih kompak karena sebagian besar juga berpartisipasi di Piala AFF 2020.

Baca Juga  Hasil Argentina vs El Salvador, Tanpa Messi Argentina Sanggup Menang Telak

Meski demikian, ada satu ganjalan yang cukup terasa di tim berjuluk “Garuda” yakni berhentinya kompetisi pada 2 Oktober-4 Desember 2022 karena tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Hal tersebut membuat kebanyakan pemain timnas Indonesia absen dari pertandingan kompetitif saat melakoni pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022.

“Namun, ketiadaan kompetisi itu bukan alasan. Kami akan berjuang apapun kondisinya,” tutur Fachruddin.

Di Piala AFF 2022, timnas Indonesia diperkuat 23 pemain, di mana dua di antaranya merupakan pemain naturalisasi yakni Ilija “Spaso” Spasojevic dan Jordi Amat.

Baca Juga  Hasil Argentina vs El Salvador, Tanpa Messi Argentina Sanggup Menang Telak

Namun, berbeda dengan Spaso yang sudah dinaturalisasi sejak 2017 dan telah mencatatkan penampilan di timnas Indonesia, Jordi Amat baru dinaturalisasi pada tahun 2022 dan belum pernah memperkuat skuad berjuluk “Garuda”.

Meski demikian, Jordi merupakan pemain yang penuh pengalaman. Bek tengah yang sebelumnya berkebangsaan Spanyol itu pernah memperkuat tim-tim Eropa seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis. Kini dia merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.

Selain dua nama tersebut, Indonesia dihuni pula oleh pemain-pemain yang berkarier di liga luar negeri.

Baca Juga  Hasil Argentina vs El Salvador, Tanpa Messi Argentina Sanggup Menang Telak

Di luar Jordi Amat ada Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan), Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia), Witan Sulaeman (AS Trencin, Slovakia) dan Egy Maulana Vikri yang sebelumnya berseragam FC Vion Zlate Moravce (Slovakia).

Pertandingan pertama Indonesia di Piala AFF 2022 adalah melawan Kamboja, pada laga Grup A, Jumat (23/12), di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, mulai pukul 16.30 WIB.

 


Bagikan

Also Read

Tags