Musrenbangdes Trojalu, Baureno, Hasilkan Usulan Enam Pembangunan Skala Prioritas

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Musrenbangdes (Musyawarah rencana pembangunan desa) Tahun 2019, di gelar oleh Pemerintah desa Trojalu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, di balai desa setempat, Rabu (17/1/2018).

Kegiatan tahunan tersebut, merupakan perencanaan pembangunan tahun anggaran 2018, dengan prakiraan anggaran desa Trojalu sebesar 1,3 miliar. Dana tersebut, rencana dialokasikan untuk pembiayaan pemerintahan, pemberdayaan dan pembangunan.

“Dengan kekuatan dana pembangunan berkisar di angka Rp 500 juta, maka ada 6 (enam) titik pembangunan fisik yang bisa dilaksanakan di tahun anggaran 2019 mendatang,” tegas Ketua BPD Suharno, Rabu (17/1/2018).

Ditambahkannya, prioritas ada di jalan makam dusun Trojalu, pembangunan gedung PAUD Taman Kanak-kanak (TK) di Dusun Suronanggan, Pembangunan paving di jalan poros Dusun Karangturi, Rehab pagar dan Balai desa Trojalu, pengerasan jalan pertanian di Dusun Suronanggan dan pembangunan ceck dam di Dusun Juwet.

Kepala desa Trojalu Rujito dalam kata sambutanya mengatakan, kegiatan musrenbangdes yang dilaksanakan kali ini merupakan musyawarah pembangunan untuk tahun 2019 mendatang. Disampaikan kepada peserta musyawarah agar bisa muyawarah dengan baik dan menghasilkan usulan dengan skala prioritas.

Kapolsek Baureno AKP Marjono, saat memberikan sambutan dalam acara musrenbangdes tahun 2019. yang digelar di balai desa desa Trojalu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Rabu (17/1/2018).

“Tolong, musrenbangdes yang akan dilaksanakan itu, bisa lebih mengedepankan musyawarah dengan melihat pembangunan apa yang perlu didahulukan atau skala prioritas. Sehingga, usulan tersebut bisa direalisasikan pada pembangunan desa Trojalu untuk tahun anggaran 2019 mendatang,”tegas Kepala desa Trojalu Rujito, dihadapan puluhan peserta musrenbangdes yang digelar, Rabu (17/1/2017).

Camat Baureno Mokhammad Hariyanto menyampaikan harapannya agar mayarakat Desa Trojalu turut ambil bagian dalam mengusulkan rencana pembangunan untuk desanya tahun 2019 itu.

“Agar masyarakat partisipatif dalam memberikan usulan pembangunan apa yang perlu diusulkan di lingkungannya masing-masing. Semoga warga Trojalu, akan terus bersemangat dalam membangun desa karena kita tak boleh terhenti dalam membangun desa, membangun bangsa dan negara ini,” ungkap Camat Baureno Mokhammad Hariyanto itu, serius.

Kapolsek Baureno AKP Marjono dalam kata sambutanya menekankan pentingnya aman dan tertib dalam sebuah desa termasuk Desa Trojalu ini sehingga desa akan bisa membangun dengan baik. Selanjutnya, perlu melakukan kegiatan yang bersinergi antara Pemerintah desa dengan masyarakat sehingga pembangunan desa bakal terealisasi dengan baik.

“Perlu mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menjaga kerukunan dengan mengedepankan persatuan. Menjelang pelaksanaan Pilkada tahun 2018 ini, jika punya pilhan yang berbeda jangan saling mengolok-olok atau menjelek-jelekan. Sebab, pilihan boleh beda namun kerukunan harus tetap dijaga,” ungkapnya.

Hadir dan memberikan sambutannya, Camat Baurno Mokhammad Hariyanto, Kapolsek Baureno AKP Marjono, Danramil Baureno Kapten Inf Andi S. Hadir pula BPD, Para perangkat desa, PKK, Karang taruna, LPMD, Wali Amanah, Ketua RT dan RW serta undangan lainnya.

Hadir pula, Sekretaris DPMPD (Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa) Bojonegoro, Biyanto dan Kabid Bidang Pembangunan dan kerjasama desa Faisol Ahmadi, beserta rombongan. **(Kis/Red).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar