Portal Berita Bojonegoro Lamongan
FeaturedNasional

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M Sarmuji, Dukung Jabatan Kades Jadi Sembilan Tahun

JAKARTA (RAKYATNESIA) – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Muhammad Sarmuji mengatakan berkomitmen mengawal aspirasi para Kepala Desa (Kades), utamanya soal perpanjangan masa jabatan dari enam tahun menjadi sembilan tahun. Dimana dukungan ini usai pihaknya turun langsung mendengarkan curhatan kepala desa di daerah pemilihannya (dapilnya) yakni di Jawa Timur VI (Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Tulungagung).

“Aspirasi kepala desa tersebut harus dilakukan melalui perubahan UU no 6 tahun 2014. Masuk akal bila masa jabatan kepala desa ditambah dari 6 tahun menjadi 9 tahun,” kata Sarmuji kepada paea awak media, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga  Waspadai Tinggi Gelombang Air Laut Lebih 2,5 Meter di Perairan Selatan Jawa Timur

Menurut pria yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur ini, jabatan kades berbeda dengan jabatan politis seperti bupati, gubernur atau presiden. Jabatan kades lebih pada fungsi pelayanan ke masyarakat.

Terlebih, lanjut Sarmuji, setiap pemilihan kades sebenarnya membuat polarisasi di warga dan perlu waktu untuk membuat kondusif kembali.

“Jangan disamakan dengan jabatan presiden, gubernur atau bupati. Jabatan kepala desa lebih banyak ke fungsi pelayanan ke masyarakat saja, bukan tempat berkumpulnya kekuasaan yang bisa mengatur semua hal. Karena lebih ke fungsi pelayanan, wajar jika membutuhkan kestabilan,” tegasnya yang juga dari Fraksi Golkar DPR RI ini.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Lepas 459 Atlet Santri Untuk Berlaga di Porseni 1 Abad NU Tahun 2023

Sarmuji yang juga Ketua Umum KAUJE,  ini menegaskan akan mengawal aspirasi para kades di DPR RI. “Saya siap mengawal aspirasi kepala desa agar usulannya menjadi bagian dari pembahasan Perubahan UU no 6 tahun 2014 tentang desa,”pungkasnya.

Diketahui, ribuan kades seluruh Indonesia menggeruduk DPR RI. Mereka meminta pemerintah merevisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dengan menuntut perpanjangan jabatan kades dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Baca Juga  Polisi Amankan Pelaku Pelemparan Bom Molotov, di Banyuwangi

**(Sumber: Kominfo Jatim/ Red).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku