Pembangunan Tanggul Bengawan Solo Di Nglanjuk, Sumberpitu Dan Getas, Masih Sebatas Rencana

Sukisno

Bagikan

Blora- Rencana pembangunan tanggul di Daerah Aliran Sungai ( DAS) Bengawan Solo guna mengantisipasi luapan air sungai ke pemukiman warga, rencana akan dibangun tahun 2016 ini. Pembangunan tanggul itu, merupakan program lanjutan sambungan dari tanggul yang sebelumnya sudah dibangun di Kelurahan Cepu dan Balun.

Selanjutnya, rencana tahun 2016 ini, akan segera dibangun tanggul untuk menyambung lagi pengerjaan tanggul menuju ke tiga desa tersebut, diantaranya, Desa Nglanjuk, Sumberpitu dan Getas yang berada di wilayah Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Beberapa tahapan sudah dilakukan oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora yaitu, Pada akhir 2015 lalu, sudah dilakukan pembebasan lahan milik warga yang berjumlah 30 orang . Harga yang diberikan kepada masyarakat dalam pembebasan tanah dengan nilai ‘ganti untung’ yg sangat bervariatif. demikian disampaikan Kepala Desa Nglanjuk wiji, Kamis (14 /01/2016).

Pembebasan tanah di wilayah DAS Bengawan Solo in, merupakan persiapan awal untuk pembangunan tanggul. “Saat ini Pemkab Blora, juga sudah berupaya membebaskan lahan di sepanjang DAS Bengawan Solo sepanjang 1,6 kilo meter dan 2,6 hektar, dengan totol keseluruhan yang dibutuhkan untuk Pelaksanaan pembebasan lahan akan dilaksanakan secara bertahap,” kata Wiji menegaskan.

Wiji menambahkan, sebagai konten lokal, jika sudah tiba saatnya pengerjaan proyek pembangunan tanggul itu, pihak kontraktor harus melibatkan warga untuk ikut bekerja di situ. Dengan begitu, pembangunan tanggul, akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami berani jamin, dalam pembangunan tanggul itu, warga tidak akan ngrecoki alias menghambat jalannya proyek itu. Karena warga sangat berterima kasih kepada Pemkab Blora, atas perhatianya membangun tanggul di desanya, agar tidak ada lagi luapan banjir Bengawan Solo di wilayah Cepu,” kata Wiji serius.

Sementara itu, Camat Cepu Mei Naryono saat dimintai konfirmasinya tentang rencana pembangunan tanggul itu mengatakan, dalam pembebasan lahan untuk pembangunan tanggul sepanjang 1,6 kilo meter itu, masih perlu membebaskan lahan 71 petak.

“Untuk pembebasan lahan akan dilaksanakan dalam bulan ini. Hanya saja, tentang kapan pekerjaan pembangunan tanggul itu, saya belum memperoleh kabar atau surat untuk dimulainya pengerjaan proyek tanggul Bengawan Solo itu,” pungkasnya. **(Luk)

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar