Widjiono Pencipta Logo Bojonegoro Itu, Telah Berpulang

440

BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Widjiono seorang warga Jalan Sawunggaling, RT 001, RW 001, Kelurahan Karangpacar, Kecamatan Kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, telah berpulang dalm usia 70 tahun, Rabu (13/1/2021) sekira pukul 17:00 WIB.

Widjiono meninggal dunia, saat masih dalam perawatan karena sakitnya di Rumah Sakit (RS) ‘Aisiyah yang berada di Jalan Panglima Sudirman, Bojonegoro, Jawa timur. Almarhum menjalani rawat inap selama 2 (dua) hari di rumah sakit milik PD Muhammadiyah Bojonegoro itu.  

Sepintas, warga hanya tahu jika Widjiono adalah pensiunan pegawai Pemerintah Kabupaten Bojonegoro di Markas Pertahanan Sipil (Hansip) yang saat ini berubah nama menjadi Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Baksebangpol) Bojonegoro.

Sejatinya, Widjiono juga seorang seniman yang ahli melukis dan bermain musik. Sehingga, saat diadakan sayembara “Pencipta Logo “Bojonegoro di tahun 1997 silam, dia turut mengikuti lomba dan berhasil menang.

Logo Bojonegoro yang saat ini, dipakai oleh Pemkab Bojonegoro itu, merupakan karya Widjiono, yang kala itu Bupati Bojonegoro dijabat oleh Alim Sudarsono. Kemenangan itu diraih, setelah Widjiono melakukan presentasi di hadapan anggota DPRD Bojonegoro dan Widjiono dinyatakan menang sehingga logo tersebut dipakai hingga sekarang ini.

Lilik (60) yang juga adik kandung Widjiono itu membenarkan jika almarhum Widjiono adalah pemenang lomba “Pencipta Logo Bojonegoro” di tahun 1977 silam itu.

“Logo Bojonegoro dimenangkan almarhum dalam sayembara pembuatan Logo Bojonegoro tahun 1977 silam. Logo dengan begron merah putih, bergambar padi dan kapas dengan tulisan Jer Karya Raharja Mawa Karya,” ungkap Lilik sambil mengenang almarhum.

Lanjut Lilik, kemenangan almarhum atas pembuatan Logo Bojonegoro itu, disahkan pada tanggal 28 Agustus 1977 silam. Hanya saja, kemenangan itu tak dipublikasikan seperti saat ini sehingga hanya keluarga saja yang tahu.  

Logo buatan kakak saya itu pernah diakui oleh seorang budayawan. Namun, budayawan itu tidak bisa membuktikan bahwa logo Bojonegoro itu adalah karyanya,” kata Lilik menegaskan.

Ditambahkan, di 2015 silam, pihak Pemkab Bojonegoro melakukan penelusuran dan pencarian. Kemudian ditemukan bahwa orang yang membuat Logo Bojonegoro adalah Widjiono yang saat ini sudah berpulang ke pangkuan Ilahi itu.

“Pembuat Logo Bojonegoro itu benar kakak saya Widjiono. Hal itu dibuktikan dengan diterimanya Piagam Penghargaan dari Pemda Bojonegoro sebagai Pencipta Logo Bojonegoro yang kala itu piagamnya yang menyerahkan adalah Bupati Bojonegoro H. Suyoto, pada tahun 2015 silam,” katanya menandaskan.

Widjiono Pencipta Logo Bojonegoro Itu, Telah Berpulang 1
Piagam Penghargaan Pemenang Sayembaran Pencipta Logo Bojonegoro yang diterima oleh Widjiono (almarhum) dari Bupati Bojonegoro H. Suyoto di HJB ke 338 tahun 2015 silam.

Masih menurut Lilik, Piagam Penghargaan itu sebagai ucapan terima kasih atas partisipasinya dalam membangun Bojonegoro. Penyerahan piagam penghargaan itu, diberikan bersamaan dengan resepsi Hari Jadi Bojonegoro (HJB) yang ke 338 tahun 2015 silam.

“Almarhum telah dimakamkan di pemakaman keluarga Rideran yang berada di Jalan Teuku Umar, Bojonegoro Kota, Kamis tanggal 14 Januari 2021 sekira 09:00 WIB. Jika ada kesalahan kakak saya mohon dimaafkan. Mohon do’anya semoga almarhum khusnul khotimah,” katanya sambil berharap.

**(Kis/Red).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More