Portal Berita Bojonegoro Lamongan
berita bojonegoroFeatured

Usai Lakukan Study Tiru di Jateng, Pemdes Tikusan, Kapas, Segera Miliki Aplikasi Smart Desa

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Desa (Pemdes) Tikusan, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terus berbenah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada warganya. Hal itu terbukti, dengan melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa Tikusan yang dikemas dalam kegiatan Study Tiru ke Desa Umbul  Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2023) lalu.

Kegiatan Study Tiru itu diikuti 20 orang, yang terdiri dari seorang Kepala desa beserta perangkatnya 7 (tujuh) orang, BPD 5 (lima) orang, BUMDes 2 (dua), Ketua RT/RW sebanyak 5 (lima) orang.

Di Pemdes Umbul ponggok, mereka belajar tentang Pemerintahan desa dalam hal pelayanan masyarakat berbasis IT (Informasi dan Teknologi) dengan Program Smart Desa yaitu sebuah pelayan berbasis aplikasi dengan tanda tangan barcode.

Baca Juga  Pemdes Payaman Gelar Musdessus Dirangkai Dengan Peletakan batu pertama Pembangunan Balai Desa

“Pemdes Umbul ponggok dalam melayani masyarakat sudah berbasis aplikasi dengan tanda tangan barcode sehingga kita berguru ke sana (Umbul ponggok) tersebut. Selain itu, kita juga belajar tentang bagaimana meningkatkan PADes (Pendapatan Asli Desa) melalui BUMDes (Badan usaha milik desa),” ungkap Kepala desa Tikusan Ir. Edy Sunarto, Kamis (12/1/2023).

Usai Lakukan Study Tiru di Jateng, Pemdes Tikusan, Kapas, Segera Miliki Aplikasi Smart Desa 1
Foto bersama: Kades Tikusan Ir Edy Sunarto beserta rombongan usai acara peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, yang berlangsung di Balai desa Umbul Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klateng, Jawa tengah, Kamis (12/1/2023).

Lanjut Edy Sunarto, dalam study tiru itu, pihaknya ditemui langsung oleh Kepala desa Umbul ponggok Junaedi Mulyono,SH, beserta perangkat desanya.

“Dengan ramah, sabar dan telaten Pemdes Umbul ponggok menjelaskan tentang berbagai hal yang harus disiapkan jika ingin meniru pelayanan masyarakat yang berbasis IT di desanya itu.

“Tujuan Pemdes Tikusan Study Tiru di Desa Umbul ponggok ini adalah untuk meningkatkan pelayanan Pemerintah Desa, dengan inovasi berbasis IT,” kata Edy Sunarto yang juga Sekretaris AKD Bojonegoro itu menegaskan.

Baca Juga  Anggota DPR-RI Wihadi Wiyanto Serahkan Bantuan 50 Kios Modern, di Bojonegoro dan Tuban

Masih menurut Edy Sunarto,  pihaknya sudah merencanakan agar bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat di desa dengan berbasis IT sehingga pelayanan bisa lebih cepat, lebih efisien dan lebih baik lagi, sebab salah satu tugas kepala desa dan perangkatnya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Usai Lakukan Study Tiru di Jateng, Pemdes Tikusan, Kapas, Segera Miliki Aplikasi Smart Desa 2
Kades Tikusan Ir Edy Sunarto menunjukkan persiapan pelayan berbasis ITE dengan aplikasi smart desa, yang berada di Lingkup Balai/kantor Desa Tikusan, Kecamatan Kapas, kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Jum’at (13/1/2023).

“Dengan menjalankan program Smart Desa ini, maka Pemdes Tikusan bisa memberikan pelayanan yang dimaksimalkan 7 (tujuh) hari Kerja. Dengan menggunakan aplikasi Smart Desa Tikusan maka akan memudahkan warga setempat juga bagi warga yang ada di luar desa atau di luar daerah karena mereka tetap bisa dilayani tanpa harus datang ke kantor desa yaitu melalui Aplikasi Smart Desa Tikusan tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga  Rumah Bu Wiji Di Desa Wadang, Ngasem, Tak layak Huni, Berharap Ada Yang Membantunya

Mengakhiri komentarnya, Kades Tikusan Edy Sunarto berharap dengan telah melakukan Study Tiru dan ditunjang dengan persiapan yang matang, maka pelayanan masyarakat melalui aplikasi Smart Desa Tikusan akan segera terealisasi dalam waktu dekat ini.

Pihaknya, sudah melakukan persiapan dan menata ruangan pelayanan masyarakat yang berbasis ITE dengan Smart Desa Center Tikusan dengan semangat Murji Murbeh Mawa Karya yang artinya Sejahtera satu sejahtera semuanya dengan berkarya inovatif.

“Mohon do’a seluruh warga Desa Tikusan agar rencana yang baik ini, memperoleh kelancaran sehingga segera terealisasikan dalam waktu dekat ini,” ungkapnya dengan nada penuh semangat.

**(Kis/adv).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com
Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku