Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Sepak Bola

Piala AFF: Timnas harus efektif maksimalkan peluang kontra Filipina Updated

Manila, Filipina (Rakyatnesia) – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, skuadnya harus efektif memaksimalkan peluang menjadi gol saat bersua Filipina di Manila pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022, Senin (2/1), tetapi wajib pula untuk hati-hati.

“Saya memotivasi pemain agar bisa mencetak gol begitu mendapatkan peluang. Namun, karena bermain di lapangan sintetis, kami harus fokus dan hati-hati agar tidak cedera,” ujar Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu meminta anak-anak asuhnya untuk menang dan membuat banyak gol ke gawang Filipina pada pertandingan di Stadion Rizal Memorial, mulai pukul 19.30 WIB, agar dapat keluar sebagai juara Grup A Piala AFF 2022.

Baca Juga  Novak Djokovic menang pada pertandingan tunggal pertama di Australia Updated

Untuk menjadi pemimpin grup, Indonesia wajib menang besar demi melampaui selisih Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan bersua Kamboja, juga pada Senin (2/1).

Andai skenario itu terjadi, Indonesia mendapatkan beberapa keuntungan seperti, memiliki waktu istirahat lebih panjang sebelum bertarung di semifinal. Kalau menjadi juara Grup A, Indonesia baru menjalani pertandingan pertama semifinal pada 7 Januari 2023 kontra peringkat kedua Grup B.

Jika merebut kursi “runner up”, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong akan melakoni laga leg satu babak empat besar pada 6 Januari 2023 versus juara Grup B.

Keuntungan kedua kalau memimpin Grup A, Indonesia berhak tandang pada leg pertama semifinal, lalu menyambut tamunya pada leg kedua di rumah sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Hal positif lainnya umpama Indonesia merebut tempat terbaik di Grup A adalah terhindar dari juara Grup B, yang diyakini adalah Vietnam. Di Grup B, saat ini Vietnam (tujuh poin), Singapura (tujuh poin) dan Malaysia (enam poin) berebut kelolosan dari penyisihan grup.

Baca Juga  Liga 1: Arema gelar latihan terpusat pulihkan kondisi pemain Updated

“Untuk mencetak banyak gol, pemain harus bekerja maksimal di lapangan. Akan tetapi, kadang keberuntungan juga berperan. Kami pun mesti melihat hasil pertandingan Thailand melawan Kamboja,” tutur Shin.

Sementara soal lapangan dengan rumput artifisial di Stadion Rizal Memorial, Shin mewanti-wanti skuadnya lantaran struktur rumput buatan yang berbeda dapat mendatangkan cedera, setidak-tidaknya lecet.

Kondisi tersebut berpotensi mengganggu pergerakan dan performa pemain di lapangan.

“Oleh sebab itu, kami mesti bermain maksimal sekaligus hati-hati,” kata Shin.



Back to top button

Jangan Pakai Adblock dong bos

Yuk dimatikan adblovk terus lanjut baca bosku