Berita

Ribuan Tentara Israel Alami Cacat Akibat Perang di Gaza

rakyatnesia.com – Sebanyak 4.000 tentara Israel dilaporkan mengalami cacat sejak dimulainya perang melawan kelompok Hamas di Jalur Gaza pada bulan Oktober 2023.

Perkiraan bahkan menunjukkan bahwa angka tersebut dapat meningkat menjadi 30.000 orang.

Seperti dilansir oleh situs berita berbahasa Ibrani, Walla, pada Jumat (12/1) dan dikutip oleh Anadolu Agency pada Sabtu (13/1/2024), “Negara ini bersiap menerima sejumlah besar tentara Israel yang cacat, dan setelah 100 hari perang, sekitar 4.000 tentara telah diakui menderita cacat.”

Media tersebut melaporkan bahwa serangan Hamas pada 7 Oktober telah membawa Israel terlibat dalam perang yang tidak pernah dialaminya sebelumnya, terutama dalam hal jumlah tentara yang terluka dan tingkat keparahan cedera.

Meskipun demikian, berkat perawatan medis berkualitas tinggi dan dedikasi tim penyelamat, banyak dari mereka yang mengalami cedera parah dapat bertahan hidup.

Situs tersebut menambahkan bahwa tentara Israel “tidak memberikan semua data tentang korban luka kepada publik, karena khawatir hal itu akan menurunkan semangat masyarakat.”

“Saat ini, sekitar 4.000 tentara (dengan disabilitas) telah diakui menurut klasifikasi 3, artinya mereka berhak atas semua perlakuan dan hak yang dinikmati oleh penyandang disabilitas di militer Israel,” kata Walla.

Menurut laporan media tersebut, gaji diberikan kepada tentara yang terluka dan perawatan mereka tanpa perlu membuktikan apa pun dan bahwa proses rehabilitasi “akan segera dimulai untuk mengintegrasikan mereka kembali ke dalam kehidupan.”

Situs tersebut mengutip Idan Kaliman, ketua Organisasi Penyandang Disabilitas Angkatan Pertahanan Israel, yang mengatakan: “Saya telah berada di organisasi tersebut selama 30 tahun, dan saya belum pernah bertemu dengan orang-orang yang terluka parah sebanyak ini. Ada banyak yang terluka dengan anggota tubuh yang diamputasi, kebutaan, atau kelumpuhan.”

Sebelumnya, militer Israel mengumumkan wajib militer 360.000 tentara cadangan dalam perang yang sedang berlangsung di Gaza sejak 7 Oktober tahun lalu.

Hingga Jumat (12/1) pagi waktu setempat, jumlah perwira dan tentara yang tewas di angkatan darat Israel sejak awal perang mencapai 520 orang, termasuk 186 orang sejak dimulainya perang darat di Gaza pada 27 Oktober 2023.