Pabrik beras porang di Kota Madiun siap berproduksi, KabarJatim

moch akbar fitrianto

Bagikan

Kabar Terbaru Tentang Pabrik beras porang di Kota Madiun siap berproduksi Yang Kami kutip dari berbagai sumber, Artikel ini telah mendapatkan editing dari tim kami Rakyatnesia. Semoga Berita Tentang Pabrik beras porang di Kota Madiun siap berproduksi bisa memberikan anda wawasan lebih luas.

Kota Madiun (Rakyatnesia) – Wali Kota Madiun Maidi menyatakan pabrik pengolahan komoditas porang menjadi beras porang atau shirataki yang ada di Jalan Tirta Raya, Kelurahan Nambangan Lor, Kota Madiun, Jawa Timur siap berproduksi guna memenuhi kebutuhan pasar.

“Apa yang kita rencanakan sesuai. Januari akhir Insya Allah kita sudah bisa ekspor,” ujar Wali Kota Maidi di Madiun, Selasa.

Baca Juga  Berlagak Jagoan, 7 Pendekar Silat Ini Salah Hadang Orang, Yang Ternyata Anggota Polisi

Menurut dia, pihaknya juga telah melakukan pengecekan kesiapan pabrik tersebut yang nantinya dijalankan oleh PT Porang Rejeki Jaya itu.

Di dalam pabrik itu terdapat empat mesin yang siap difungsikan. Yakni, dua mesin untuk mengolah umbi porang menjadi tepung. Serta, dua mesin lainnya untuk mengolah tepung porang menjadi beras porang.

Pihaknya mengimbau kepada pelaksana pabrik untuk segera mengoptimalkan persiapan. Sehingga, bisa segera berproduksi dan menyerap tenaga kerja.

Penanggung Jawab PT Porang Rejeki Jaya Totok Budiarto mengatakan bahwa melalui mesin yang tersedia tersebut pihaknya dapat memproduksi hingga 2,5 ton beras porang per hari.

Baca Juga  Kendalikan Harga Pokok DI pasar, Pemkab Lamongan Lakukan Operasi Pasar Murah

Tidak hanya memenuhi pasar di dalam negeri, nantinya beras porang asal Kota Madiun itu juga akan diekspor ke luar negeri. Salah satunya, Rumania.

Adapun, Pemkot Madiun sebelumnya telah menjajaki dan mempromosikan sajian pecel porang kepada Dubes Rumania Amhar Azeth bersama Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Constanta Rumania Emil Sirbu saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Madiun pada Juni 2022.

“Sesuai permintaan Pak Wali, kami buat juga produk dari tepung menjadi beras untuk diekspor. Apalagi, tren penjualan beras shirataki ini memang sedang naik. Karena dipercaya lebih sehat,” kata Totok Budiarto.

Baca Juga  Gempa Hari Ini Di Tuban, Terasa Dari Lamongan Sampai Semarang

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Madiun berencana memasarkan produk kuliner olahan porang di wilayahnya guna mewujudkan diversifikasi panganan sehat dan mendongkrak pemasaran komoditas andalan tersebut yang sedang lesu harganya.

Wali Kota menambahkan rencana memasarkan kuliner olahan porang tersebut juga bertujuan membantu petani porang di daerah penghasil, salah satunya Kabupaten Madiun, untuk menjaga agar harga jual tidak anjlok.



Jangan lupa untuk membagikan artikel Pabrik beras porang di Kota Madiun siap berproduksi di jejaring sosial milik anda, agar kawan, saudara dan keluarga tidak ketinggal berita tersebut. (dikutip dari :: jatim.antaranews.com)

Bagikan

Also Read