Berita

Israel Menyetujui Misi PBB untuk Menilai Situasi di Gaza Utara, Antony Blinken Dorong Pengurangan Dampak Sipil

rakyatnesia.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengonfirmasi persetujuan Israel terhadap rencana misi PBB yang bertujuan mengevaluasi kondisi di Gaza Utara. Langkah ini diambil untuk mempertimbangkan kemungkinan kembalinya warga Palestina dengan aman.

Ketika berkunjung ke Israel pada Rabu (10/1/2024), Blinken menyatakan, “Kami menyetujui rencana PBB untuk melaksanakan misi penilaian seiring pergeseran kampanye Israel menuju intensitas yang lebih rendah di Gaza Utara dan pengurangan pasukan IDF di wilayah tersebut.”

Lebih lanjut, Blinken menjelaskan bahwa evaluasi ini akan memainkan peran kunci dalam menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pengungsi Palestina dapat kembali ke wilayah utara dengan aman.

Dalam pertemuan tersebut, diplomat AS tersebut juga menekankan kekhawatiran terhadap tingginya jumlah korban jiwa warga sipil Gaza. Ia mendesak Israel, sekutunya, untuk mengurangi dampak humaniter dan meringankan penderitaan warga Gaza.

Lebih dari tiga bulan setelah perang Gaza yang paling mematikan, Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv pada putaran keempat diplomasi krisis Timur Tengah sejak konflik tersebut pecah.

“Jumlah korban harian warga sipil di Gaza, terutama anak-anak, terlalu tinggi,” kata Blinken dalam konferensi pers seraya menambahkan diperlukan lebih banyak makanan, air, dan obat-obatan.

“(Israel) harus berhenti mengambil langkah-langkah yang melemahkan kemampuan warga Palestina untuk mengatur diri mereka sendiri secara efektif,” kata Blinken dalam konferensi pers.