Kapolsek Soko, Hadiri Rapat Koordinasi Rencana Simulasi Table Top Exercis JOB PPEJ

0 96

TUBAN (Rakyat Independen)- Mengamankan warga di sekitar sumur minyak gas bumi (migas) Sumur Mudi JOB-PPEJ ( Joint Operating Body Pertamina Petrocina East Java) yang berada di wilayah hukum Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dari bencana yang ditimbulkan pengeboran migas adalah menjadi tugas dan tanggung jawab Pemkab Tuban melalui BPBD (Badan penanggulangan Bencana daerah) Kabupaten Tuban, yang dibantu unsur Kepolisian dan TNI serta masyarakat setempat.

Guna mensukseskan kegiatan tersebut, maka dilaksanakan kegiatan Simulasi Table Top Excercis penangulangan bencana kegagalan Teknologi Industri JOB PPEJ, yang bakal dilaks pada Selasa (17/01/2017) bertempat di Balai Desa Rahayu, yang rencananya akan diikuti 100 undangan. Sebelum kegiatan, akan dilaksanakan sosialisasi terleboh dahulu besok Kamis (12/10/2017) yang juga bertempat di Balai Desa Rahayu.

Ketua Pelaksana (Kalak) BPBD Tuban Joko Ludiyono melalui Sekretaris BPBD Tuban Emel Pancoro dalam sambutanya mengatakan, pihaknya bakal melaksanakan kegiatan simulasi Table Top Exercis penanggulangan bencana akibat kegagalan teknologi JOB-PPEJ yang berada di Desa Rahayu, Soko.

Kapolsek Soko, Hadiri Rapat Koordinasi Rencana Simulasi Table Top Exercis JOB PPEJ 1
Tampak, undangan pada acara Rapat Koordinasi rencana kegiatan Simulasi Table Top Excercis penangulangan bencana kegagalan Teknologi Industri JOB PPEJ, di Kantor Kecamatan Soko, Senin (09/01/2017).

“Walaupun masih terdapat persoalan antara warga Desa Rahayu dengan pihak JOB-PPEJ, namun kami dari BPBD Tuban yang merupakan kepanjangan tangan Pemkab Tuban akan tetap melaksanakan kegiatan Simulasi Table Top Exercis ini, sebab ini terkait dengan keselamatan warga jika sewaktu-waktu terjadi bencana kegagalan teknologi yang menimpa warga di sekitar Sumur Mudi tersebut,” ungkap Sekretaris BPBD Tuban Emel Pancoro, di Kantor Kecamatan Soko, Senin (09/01/2017).

Masih menurut Emel Pancoro, pertemuan kali ini merupakan rapat koordinasi dalam rangka mempersiapkan kegiatan simulasi tersebut. Agar ada sinergi, baik pihak BPBD Tuban, Kantor Kecamatan Soko, Polsek Soko, Koramil Soko, JOB-PPEJ, Pemerintah desa (Pemdes) Rahayu, serta warga Desa Rahayu.

Camat Soko Suwito, saat menyampaikan sambutanya juga menyinggung tentang persoalan kompensasi yang masih menjadi persoalan antara JOB-PPEJ dengan masyarakat Desa Rahayu yang hingga kini belum berhasil memperoleh titik temu atau kata mufakat.

“Simulasi Table Top Exercis ini, tetap harus berjalan sebab ini terkait dengan keselamatan warga. Sehingga kegiatan ini mutlak harus dilaksanakan karena akan memberikan manfaat kepada masyarakat yang berada di sekitar Sumur Mudi Rahayu, Soko tersebut,” tegas Suwito.

Sementara itu, JOB PPEJ yang diwakili oleh Hendra menyatakan, pihaknya berharap agar pelaksanaan simulasi difokuskan pada satuan tugas dan tingkat koordinasi antar instansi terkait dengan jalur komunikasi.

“Harapan kami, kegiatan simulasi ini akan dilaksanakan seefesien mungkin karena terkait dengan anggaran. Kami berharap simulasi dilaksanakan dengan difokuskan pada satuan tugas untuk koordinasi antar instansi sesuai dengan jalur komunikasi,” tegasnya.

Kapolsek Soko AKP Yudhi Hermawan yang berhasil ditemui rakyatnesia.com usai kegiatan mengatakan, pihaknya siap mengikuti kegiatan simulasi dengan menerjunkan anggotanya. “Harapan kami, kegiatan simulasi dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar hingga mencapai kesuksesan,” katanya menegaskan.

Tampak hadir, Danramil Soko Kapten G. Suwarso, Kepala desa Rahayu Sukisno, serta undangan lainnya. **(Muji/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More