Peringati Hari AIDS, Pita Merah Bojonegoro Gelar Pemeriksaan HIV/AIDS

0 84

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Masyarakat Bojonegoro mengikuti pemeriksaan HIV/AIDS (Human Immunodefficiency Virus/Acquired Immuno Defficiency Syndrome) yang ada di Car Free Day (CFD), di Alun-alun Kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (08/01/2017), dalam rangka hari AIDS sedunia. Pemeriksaan yang digelar oleh Pita Merah Bojonegoro tersebut, bertujuan untuk mengetahui apakah terjangkit HIV/AIDS ataupun tidak.

Ketua Pita Merah Bojonegoro, Mohamad Yazid menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan menyadarkan masyarakat akan bahaya penyebaran virus yang mematikan itu. Dimana tingkat penyebarannya tergolong sangat cepat.

“Kegiatan ini pemeriksaan HIV/AIDS dan konsultasi kesehatan. Tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat akan virus mematikan itu supaya dicegah,” katanya.

Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk untuk menekan jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bojonegoro. Diharapkan dengan adanya test ini dapat membantu masyarakat untuk mengetahui karakteristik virus HIV/AIDS, dan memberikan pelajaran terhadap masyarakat tentang cara penanggulangan serta cara rehabilitasi pengidap HIV/AIDS yang disebut ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

“Dengan diadakan pemeriksaan HIV/AIDS ini diharapkan masyarakat benar-benar memahami dan tidak mendiskriminasikan Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA),” ujarnya.

Selain test darah gratis, Pita Merah juga memberikan penyuluhan gratis tentang virus HIV/AIDS, penyuluhan meliputi pendidikan anak remaja, sekolah, pendidikan pola seks, sampai dengan terapi/perawatan. Pemeriksaan HIV/AIDS ini diikuti oleh masyarakat dan berbagai unsur, salah satunya adalah berasal dari unsur anggota TNI dari Kodim 0813 Bojonegoro. **(Luh/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More