Kades Pelem Sudawam Terpilih Sebagai Ketua AKD ‘Antar Waktu’ Kabupaten Bojonegoro

Sukisno

<strong>Kades Pelem Sudawam Terpilih Sebagai Ketua AKD ‘Antar Waktu’ Kabupaten Bojonegoro</strong>
Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – AKD (Asosiasi Kepala Desa) Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, kini, memiliki Ketua yang baru yaitu Sudawan,SH,S.Sos. Terpilihnya Sudawam itu, setelah dirinya memperoleh dukungan sebanyak 13 suara dari 28 AKD Kecamatan Se-Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan pemilihan Ketua AKD Bojonegoro itu, digelar dalam ajang Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bojonrgoro, di  Adelia Café di Jalan Gajahmada, Bojonegoro, Sabtu (7/1/2023).

Pemilihan Ketua AKD antar waktu Kabupaten Bojonegoro setelah terjadinya kekosongan ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Bojonegoro yang ditinggalkan Ketua AKD kabupaten Bojonegoro Ghozali Dwianto, setelah yang bersangkutan gagal atau tidak terpilih lagi dalam Laga Pilkades Desa Kasiman, Kecamatan Kasiman, Bojonegoro, Rabu (26/10/2022) silam.

Rakerda AKD Kabupaten Bojopnegoro digelar guna memilih Ketua AKD Kabupaten Bojonegoro Antar Waktu itu, diusulkan 2 (dua) kandidat yakni, Kepala Desa Pelem Sudawam dan Kepala Desa Tlogoagung, Kecamatan Baureno Dewi Wulandari.

Dalam pemilihan itu, ada 22 suara dari perwakilan AKD Kecamatan dan 2 suara dari Pengurus AKD Kabupaten Bojonegoro yaitu ada 24 suara. Dewi Wulandari memperoleh 11 suara, sedangkan Sudawam unggul dengan 13 suara.

Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah saat menghadiri acara Rakerda AKD kabupaten Bojonegoro, yang berlangsung di Adelia Cafe, Jalan Gajahmada, Bojonegoro, Sabtu (7/1/2023).

Sekretaris AKD Bojonegoro Ir. Edy Sunarto kepada rakyatnesia.com menegaskan, AKD Kabupaten Bojonegoro telah menggelar Rakerda AKD Bojonegoro guna mengisi kekosongan Ketua AKD Bojonegoro yang telah mengalami kekosongan sejak ditinggalkan oleh Ketua AKD Bojonegoro Ghozali Dwianto karena yang bersangkutan tidak lagi terpilih sebagai kepala desa Kasiman, dalam Pilkades yang digelar Rabu (26/1/2022) silam.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

“Kepala desa Pelem Bapak Sudawam terpilih jadi Ketua AKD Bojonegoro hingga tahun 2026 mendatang. Bapak Sudawam melanjutkan kepemimpinan Ketua AKD Bojonegoro sebelumnya hingga habis masa jabatanya di tahun 2026 mendatang,” ungkap Edy Sunarto yang juga menjabat sebagai Kades Tikusan, Kecamatan Kapas, Bojonegoro itu, Minggu (8/1/2023).

Lanjut Edy Sunarto, ada penambahan kepengurusan dalam Rakerda AKD Bojonegoro ini, yaitu, menempatkan Dewi Wulandari menjadi Wakil Ketua dan memasukkan H. Sukono menjadi Bendahara menggantikan posisi yang ditinggalkan Dewi Wulandari. Sebab, sebelumnya Dewi Wulandari menjabat sebagai bendahara AKD Kabupaten Bojonegoro itu.

Ditambahkan, H. Sukono yang menjabat sebagai Kepala Desa Katur, Kecamatan Gayam dan Ketua AKD Kecamatan Gayam itu, dipercaya menempati jabatan sebagai Bendahara AKD Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan, untuk jabatan yang ditinggalkan Sukono, bisa dibahas lebih lanjut oleh Pengurus AKD Kecamatan Gayam.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

“Jabatan wakil ketua sebelumnya tidak ada. Namun, dalam rakerda kali ini, jabatan Wakil ketua diisi Dewi Wulandari. Hal itu untuk membantu Ketua AKD Bojongoro dalam mengemban amanah menjalan tugasnya menahkodai AKD Kabupaten Bojonegoro ini,” kata Edy Sunarto menegaskan.

Ketua terpilih AKD Bojonegoro Sudawam,AMd,SH,S.Sos, berfoto bersama usai acara Rakerda yang berlangsung di Adelia Cafe, Jalan Gajahmada, Bojonegoro, Sabtu (7/1/2023).

Dirinya berharap dengan terisinya jabatan Ketua AKD Bojonegoro maka roda organisasi para kepala desa Se-Kabupaten Bojonegoro itu bisa kembali bergerak untuk memperjuangkan aspirasi para kepala desa dan bisa mendorong kepala desa dalam memajukan desa di wilayahnya. Pasalnya, jika desa maju maka kabupaten juga akan maju.

“Selamat kepada Bapak Sudawam sebagai Ketua AKD Bojonegoro, semoga amanah,” ungkapnya.

Ketua terpilih AKD Bojonegoro Sudawan kepada para awak media mengatakan bahwa dirinya menyampaikan ucapan terima kasih terpilihnya sebagai Ketua PAW AKD Bojonegoro itu. Dirinya mengajak kepada seluruh kepala desa untuk selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Rakerda AKD Bojonegoro yang telah memberikan kepercayaannya kepada saya, untuk menjabat sebagai Ketua AKD Kabupaten Bojonegoro antar waktu hingga tahun 2026 ini,” kata pria yang akrab disapa Mas Dawam tersebut.

Lanjut Mas Dawam, pihaknya mengapresiasi Ketua AKD Bojonegoro Ghozali Dwianto yang telah menjalankan roda organisasi sejak 2021 – 2022 itu. Pihaknya akan melanjutkan program AKD Bojonegoro dan akan melakukan inovasi yang berpihak pada kepala desa dan juga Pemerintah Desa Se-Kabupaten Bojonegoro itu.

Baca Juga  Daftar Rumah Sakit Di Bojonegoro Dan Tipenya

“Sebagai Ketua terpilih dalam Rakerda AKD Kabupaten Bojonegoro, saya akan melanjutkan program yang telah dijalankan Ketua AKD Bojonegoro Bapak Ghozali dan pengurusnya, juga akan melakukan terobosan program agar ada inovasi bagi AKD Bojonegoro untuk turut berkiprah dalam mendorong 419 desa untuk melayani masyarakat dengan baik dan membangun desanya masing-masing,” katanya penuh harap.  

Sementara itu, Ketua LSM Link Kontrol, Hariri Muhartono secara terpisah menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Sudawam yang terpilih dalam Rakerda untuk menahkodai AKD Kabupaten Bojonegoro itu.

“Saya ucapkan selamat atas terpilih Sudawam sebagai Ketua AKD Kabupaten Bojonegoro. Semoga dalam kepemimpinan beliau, para Kepala Desa semakin kompak dalam mengemban dan menjalankan amanahnya, amiin…,” ungkapnya.

Hadir Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, Mantan Ketua AKD Bojonegoro Sudiono dan Mantan Ketua AKD Bojonegoro H. Mohamad Choiri, serta undangan lainnya.

**(Kis/Yan/Red).

Bagikan

Also Read