Kapolda Jatim Berganti. Irjen Anton Setiadji Pensiun, digantikan Irjen Machfud Arifin

0 172

SURABAYA (Rakyat Independen)- Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji akhirnya memasuki purna alias pensiun. Sehingga posisinya digantikan oleh Irjen Machfud Arifin. Untuk menduduki jabatan sebagai orang nomor satu di Jajaran Polda Jatim, Irjen Machfud Arifin telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kapolri M. Tito Karnavian di Markas Besar Polri di Jakarta, Rabu (04/01/2017) lalu.

Dengan demikian, tongkat komando Polda Jatim resmi berganti dari Irjen Anton Setiadji ke Irjen Machfud Arifin. Hal itu ditandai dengan adanya serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama ke pejabat baru yang dilaksanakan di Markas Polda Jatim, Kamis (05/01/2017) pagi.

Dalam sertijab tersebut, Kapolda Jatim yang baru Irjen Machfud Arifin saat masuk pintu gerbang utama Polda Jatim, langsung disambut pasukan pedang pora dan tarian khas Surabaya yaitu Tari Legong. Ada pemandangan yang istimewa dalam penyambutan Kapolda yang baru tersebut. Pasalnya Irjen Machfud Arifin sebelum masuk ke gedung, harus sungkem dulu dengan ibunya Sawidja Djayadi yang sudah sangat tua sembari duduk di kursi roda itu.

Acara kemudian dilanjutkan Kamis (05/01/2017) siang, dengan pelepasan Kapolda lama Irjen Anton Setiadji bersama istri. Dalam pelepasan tersebut, Anton Setiadji yang memasuki masa pensiun itu berjalan bersama istrinya di tengah-tengah pasukan pedang pora yang berbaris rapai itu. Mereka berjalan menuju kereta kencana yang telah disiapkan untuk mengantarkan mereka hingga ke pintu gerbang Markas Polda Jatim. Hal itu sebagai bukti, bahwa mereka telah dilepas untuk meninggalkan Mapolda Jatim setelah mengabdikan dirinya hingga memasuki masa pensiun.

“Kapolda ‘lama’ Bapak Anton Setiadji cukup tegar dan tampak ceria saat mengikuti upacara pelepasannya dari jabatan Kapolda Jatim itu. Pada saat ditaburi bunga oleh para anggotanya justru dia malah tersenyum lebar dan mengucapkan kalimat “thank you very much” kepada para anggota yang melepasnya itu,” kata salah seorang perwira yang berbagi cerita usai mengikuti acara pelepasan itu, Kamis (05/01/2017).

Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin mengatakan, sebagai Kapolda Jatim yang baru dia akan fokus dalam penanganan pelanggaran tindak pidana yang berdampak besar bagi masyarakat, yakni penyalahgunaan narkotika dan kejahatan siber.

“Kami akan focus pada pelanggaran pidana yang berdampak besar pada masyarakat yakni narkotika dan kejahatan siber. Termasuk ujaran kebencian yang ada di media sosial, akan saya tindak tegas,” tegasnya.

Irjen Pol Machfud Arifin sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Teknologi Informasi Markas Besar Polri itu, kini dipromosikan untuk menduduki jabatan sebagai Kapolda Jatim. Sedangkan Irjen Pol Anton Setiadji telah habis masa jabatan atau memasuki masa pensiun. **(B.yan).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More