Desa Tegalkodo Sukosewu, Laksanakan Musrenbangdes 2017

0 156

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Guna melaksanakan pembangunan desa di tahun 2017 ini, maka setiap desa harus atau wajib melaksanakan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes). Pasalnya, musyawarah desa tersebut menjadi pijakan untuk menentukan arah pembangunan desa yang bakal dituangkan dalam APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Hal itu, seperti hanya dengan kegiatan Musrebangdes yang dilaksanakan oleh Desa Tegalkodo, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang bertempat di Balai desa setempat, Selasa (03/01/2017) yang dimulai sejak pukul 13.00 wib hingga selesai.

Musrenbangdes tersebut, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Tegalkodo Tomy Listiono,S.Sos, dihadapan para undangan yang memadati Balai desa yang baru selesai dibangun dengan menggunakan dana ADD (Anggaran Dana Desa) tahun 2016 lal itu.

Dalam kata sambutanya, Mas Tomy – demikian Kepala Desa Tegalkodo Tomy Listiono,S.Sos, biasa disapa, mengawali sambutanya dengan menyampaikan tentang keberhasilanya dalam pelaksanaan APBDes Desa Tegalkodo Tahun 2016 yang lalu. Dimana, semua proyek APBDes tahun 2016 telah selesai dilaksanakan, termasuk pembangunan Balai desa, jalan paving lingkungan dan bantuan ODF kepada warga, serta beberapa kegiatan lainnya.

Desa Tegalkodo Sukosewu, Laksanakan Musrenbangdes 2017 1
Kepala Desa Tegalkodo Tomy Listiono,S.Sos,(tengah) didampingi Kasi PMD Kecamatan Sukosewu H. Suwono (kiri) dan Pendamping desa Kecamatan Sukosewu Agung Budi Irawan (kiri) saat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pada acara Musrenbangdes 2017, di balai desa setempat, Selasa (03/01/2017).

“Pembangunan yang tertuang dalam APBDes Tahun 2016, sudah berhasil dilaksanakan dan semua juga sudah selesai dilakukan monitor dan evaluasi (monev) oleh Tim Kecamatan Sukosewu, dengan hasil yang memuaskan. Dengan selesaianya program tahun 2016 lalu, maka Desa Tegalkodo kembali merencanakan untuk APBDes tahun 2017 ini,” tegas Mas Tomy , Selasa (03/01/2017).

Masih menurut pria yang juga Pembina Tim Volly Ball Tegalkodo Mboyz itu menambahkan, diharapkan para peserta musrenbangdes untuk mengusulkan apa saja yang perlu dimasukkan dalam rencana pembangunan desa tahun 2017 ini. Semua dibuka disini dan dibahas bersama-sama agar keputusan yang dihasilkan juga dapat dipertanggung jawabkan bersama.

“Kami mohon untuk semua yang hadir, agar menyampaikan usulannya sehingga kami sebagai penyelenggara Pemerintah desa (Pemdes) Tegalkodo, mengetahui tentang apa saja yang menjadi keinginan panjenengan semua, tentang rencana pembangunan desa Tegalkodo pada tahun 2017 ini. Setelah usulan disampaikan kemudian digodok selanjutnya akan menjadi keputusan dalam mufakat yang harus kita taati bersama. Dengan demikian, dalam pelaksanaanya nanti tidak timbul permasalahan,” tegasnya.

Diakhir sambutanya dia menegaskan, lebih baik ramai dalam musyawarah, tapi setelah dicapakai kata mufakat semua keputusan dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga musrenbangdes ini mampu memberikan kontribusi menuju pembangunan Tegalkodo ke depan yang lebih baik.

Sementara itu, Camat Sukosewu Mukhammad Hariyanto yang diwakili Kasi PMD Kecamatan Sukosewu H. Suwono mengatakan bahwa musrenbangdes merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap tahun oleh masing-masing desa.

“Untuk tahun ini, dalam kegiatan musrenbangdes dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yakni, Kelompok Pemerintahan, Pelaksanaan pembangunan, Pembinaan masyarakat dan Pemberdayaan masyarakat. Dimana, dalam musrenbangdes ini akan ditampung berbagai usulan dari para peserta musrenbangdes, yang selanjutnya digodok oleh Tim 7 atau Tim 9 untuk diperoleh hasil dari musrebangdes tersebut,” tegasnya.

Masih menurut H. Suwono, untuk tahun ini, ada beberapa item yang harus dilaksanakan oleh pihak Pemerintah desa melalui APBDes yakni, perawatan Polindes menjadi tanggung jawab desa, untuk setiap desa diharapkan membuat Taman desa dan menanam bunga bougenvile, membuat Taman Belajar Masyarakat (TBM), menganggarkan kegiatan kepemudaan termasuk untuk kegiatan olahraga, membuat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan membuat Website desa.

Dalam kesempatan yang sama, juga hadir seorang pendamping desa Kecamatan Sukosewu yaitu Agung Budi Irawan, yang memperoleh mandat untuk memaparkan tentang teknis pelaksnaan musrenbangdes berdasarkan amanah Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Tampak hadir dalam musrenbangdes, Ketua BPD beserta anggotanya, Para Perangkat desa, Wali Amanah Desa (WAD), Ketua Tim Penggerak PKK beserta pengurusnya, Karang Taruna, LPMD (Lembaga Pemberdayaan Desa), Para Ketua RW dan Ketua RT, Kepala Sekolah PAUD, TK dan SD, Tokoh Agama (Toga), Tokoh Masyarakat (Tomas) serta undangan lainnya. **(Kis/Puji).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More