Kontrak Lahan Parkir Habis, Lahan Parkir Pasar Kota diambil alih oleh Dishub Bojonegoro

0 146

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Pemenang lelang lahan Parkir Pasar Kota Bojonegoro dan sekitarnya tahun 2016 yaitu Paguyuban Karya Muda Ledok Wetan (PKMLW) telah berakhir per 31 Desember 2016 lalu. Sebelum dilaksanakan lelang untuk periode tahun 2017, maka lahan parkir pasar kota dikelola oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro. Sehingga sejak Senin (02/01/2017), pihak Dishub mengambil alih lahan parkir Pasar Kota Bojonegoro dengan dibawah pengawalan Polsek Bojonegoro Kota.

Guna menjaga hal-hal yang tak diinginkan, telah dikerahkan 15 personil Polisi yang berasal dari Polsek Bojonegoro Kota, yang dipimpin langsung oleh Kapolsekta Kompol Moch Usman. Sehingga sejak pagi, para anggota Polsekta itu sudah siaga melaksanakan pengamanan di sekitar Pasar Kota Bojonegoro itu.

Antisipasi Polsekta ternyata benar, sebab sejak pagi para personil PKMLW masih melaksanakan parkir di lahan pasar Kota Bojonegoro, padahal masa kontrak mereka sudah habis sejak akhir tahun 2016 tertanggal 31 Desember 2016 lalu. Dengan habisnya masa kontrak tersebut, maka lahan parkir untuk sementara dikelola Dishub sambil menunggu lelang lahan parkir tahun 2017 ini.

Guna mengambil alih parkir, pihak Dishub telah menyiapkan juru pakir (jukir) untuk melakukan parkir di halaman Pasar Kota yaitu parkir sepeda motor, parkir mobil di Jl Pasar, Parkir sepeda motor di utara Pasar, Parkir mobil di Jl Jaksa KH Mansur atau utara pasar, parkir sepeda motor di barat pasar dan parkir mobil di Jl KH Hasyim Asy’ari atau barat Pasar Kota Bojonegoro.

Kapolsek Bojonegoro Kota Kompol Moch Usman kepada para awak media menyampaikan, dugaan akan adanya gejolak dalam mengambil alih lahan parkir di Pasar Kota Bojonegoro, bakal terjadi. Pasalnya, di pojok utara pasar telah berkumpul sekitar 25 pemuda yang berasal dari PKMLW. Namun, mereka akhirnya membubarkan diri setelah diberikan pengarahan oleh Kapolsekta Bojonegoro Kompol Moch Usman tentang telah habisnya masa kontrak, jika pengen bisa bekerja kembali, pihak PKMLW harus mengikuti lelang tahun 2017 yang akan segera dilaksanakan oleh pihak Pemkab Bojonegoro, dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Senin (02/01/2017) sekira pukul 08.15 Wib, telah dilaksanakan pertemuan antara pihak Dishub Bojonegoro dengan Pihak PKMLW. Dalam pertemuan tersebut, dari pihak Dishub hadir Kasi Parkiir Bambang Gunawan dan Kabid Lalu Lintas M. Iriyanto. Sedangkan dari PKMLW tampak hadir Sugiharto Ketua PKMLW dan M.Khorid. Juga turut menyaksikan pertemuan tersebut, Kapolsek Bojonegoro Kota Kompol Moch Usman dengan didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Ledok Wetan Bripka Suratno.

Dalam pertemuan tersebut telah dihasilkan kesepakatan diantaranya pihak Dishub Bojonegoro menyampaikan akan secepatnya akan membuka pendaftaran lelang untuk lokasi parkir di seputaran Pasar Kota Bojonegoro. Jika pihak PKMLW hendak mengikuti proses lalang, dipersilahkan untuk segera mengurus persyaratan sehingga bisa mengikuti lelang parkir Pasar Kota Bojonegoro pada tahun 2017 ini.

“Karena lelang tahun 2016 sudah berakhir tertanggal 31 Desember 2016, maka lahan parkir pasar yang semula dipegang PKMLW sudah berakhir alias selesai. Sehingga untuk sementara sambil menunggu proses lelang tahun 2017 lahan parkir dipegang oleh Dishub Bojonegoro. Jika pihak PKMLW hendak mengikuti lelang, dipersilahkan memenuhi persyaratan sebab pihak Pemkab Bojonegoro secepatnya bakal menggelar proses lelang tersebut,” ucap Bambang Gunawan, usai pertemuan, Senin (02/01/2017).

Secara terpisah, Kasi Parkir Dishub Bojonegoro Bambang Gunawan menyampaikan kaitannya dengan Perda Nomor 19 Tahun 2011 tentang Jasa umum, pada Bab VII yang mengatur tentang Parkir Berlangganan dan harian. Menurutnya, Untuk Parkir berlangganan biayanya sudah temasuk biaya bersamaan dengan Her registrasi STNK. Oleh sebab itu, bagi warga Bojonegoro yang sudah parkir berlangganan tidak dikenakan biaya parkir. Sedangkan untuk Parkir harian yang dikenakan biaya parkir, hanya berlaku bagi kendaraan luar Kota yang parkir di tepi jalan umum yang berada di wilayah Kabupaten Bojonegoro. **(Kis/Red).

Leave a comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More